Istana Emas by Maria A. Sardjono Online

Istana Emas
Title : Istana Emas
Author :
Rating :
ISBN : 9789792257069
Language : English
Format Type : Paperback
Number of Pages : 408

Sebagai gadis yang dibesarkan dalam keluarga sederhana penuh dengan kehangatan cinta, Retno merasa amat prihatin melihat kejanggalan-kejanggalan yang disaksikannya di rumah besar dan mewah milik Yanti, sahabat karibnya."Istana emas", demikian ia menamai rumah itu, penuh dengan basa-basi, kaku dan terlalu banyak formalitas yang menurutnya sama sekali tak perlu. Retno tahu,Sebagai gadis yang dibesarkan dalam keluarga sederhana penuh dengan kehangatan cinta, Retno merasa amat prihatin melihat kejanggalan-kejanggalan yang disaksikannya di rumah besar dan mewah milik Yanti, sahabat karibnya."Istana emas", demikian ia menamai rumah itu, penuh dengan basa-basi, kaku dan terlalu banyak formalitas yang menurutnya sama sekali tak perlu. Retno tahu, penyebab situasi tak menyenangkan itu adalah Mas Yoyok, suami Yanti. Meskipun masih muda, sikap laki-laki itu sangat bossy, otoriter, dan tak suka dibantah. Retno sudah tidak menyukainya sejak awal mengenalnya. Terlebih karena Aryanti, sahabatnya yang periang, hidup tertekan di bawah dominasi sang suami.Keprihatinan dan ketidaksukaan Retno menjadi amarah saat Yanti sakit keras. Tanpa merasa takut, ia menegur Mas Yoyok agar lebih mencintai dan memperhatikan istrinya. Tanpa segan pula ia mengecam sikap otoriter lelaki itu.Namun nasib yang tak terelakkan justru membawa Retno harus berada di dalam istana emas itu setelah sahabatnya meninggal. Almarhumah Yanti menitipkan suaminya kepadanya. Sejak itu, konflik batin menerjang masuk dalam kehidupan Retno, karena seiring berjalannya waktu dan di balik kebenciannya terhadap Mas Yoyok, pelan-pelan benih-benih cinta terhadap lelaki itu tumbuh dengan subur di hatinya.


Istana Emas Reviews

  • Riz

    3.5 BintangIni karya dari penulis yang paling mendingan aka paling klik dibandingkan karya-karya beliau yang lain.

  • Yuliana

    Sebagai gadis yang dibesarkan dalam keluarga sederhana penuh dengan kehangatan cinta, Retno merasa amat prihatin melihat kejanggalan-kejanggalan yang disaksikannya di rumah besar dan mewah milik Yanti, sahabat karibnya."Istana emas", demikian ia menamai rumah itu, penuh dengan basa-basi, kaku dan terlalu banyak formalitas yang menurutnya sama sekali tak perlu. Retno tahu, penyebab situasi tak menyenangkan itu adalah Mas Yoyok, suami Yanti. Meskipun masih muda, sikap laki-laki itu sangat bossy, o [...]

  • Kurnia

    Masih mirip sama Burung Merak, bedanya istana emas lebih bikin geregetan sama dua tokoh utamanya. Karena BM sama IE baru dibaca seminggu ini, emang jatuhnya ngebandingin, ya? Tapi lebih segar IE, sih. Suka sama tsunderenya Mas Yoyok. Dan keras kepalanya Retno, walau ujung-ujungnya daku selalu bilang, "Ya, elaah. Ya sudahlah." XDDan, setelah baca dua novel Bu Maria, sepertinya beliau suka sekali mengangkat isu kesetaraan gender. Walau lebih suka dengan sisipan nilai-nilai adat yang masuk juga di [...]

  • Delisa sahim

    Saya seperti membaca karya Mira W,Tapi versi jaman sekarang.Sudut pandang yang diberikan penulis sudut pandang tokoh utama wanita-nya yang bernama Retno. Ceritanya sih sederhana dan dalam. Sepertinya saya harus beralih sebentar untuk tidak membaca romance terlebih dahulu.Karena saya merasa sepertinya kisah negeri dongen sedang "In" yang dimana menikah dengan pria yang kaya raya dan dingin. Ini subjektif saya jadi jangan diikuti :DDi dalam novel ini banyak pelajaran yang diberikan retno kepada ki [...]

  • Alexandra

    Istana emas, rumah dengan segala keindahannya, tapi tanpa kehangatan di dalamnya. Begitulah Retno menamai rumah sahabatnya, Yanti, yang telah menikah dengan seorang pengusaha kaya, Yoyok, dalam kunjungannya ke rumah Yanti tersebut.Ketidakbahagian Yanti dalam kehidupan rumah tangganya membuat Retno membenci Yoyok, apalagi pria itu terlalu penuntut dan tidak bisa dibantah.Saat Yanti akhirnya meninggal, dia menuliskan wasiat untuk Retno dan Yoyok menikah, walaupun sama sekali tidak memaksa mereka.K [...]

  • Sue

    Retno akhirnya datang mengunjungi sahabat dekatnya, Astuti, yg sdh bertubi-tubi mengirimkan surat untuk mengunjungi. alasan kesepian, bosan dan rindu. Rumah Astuti bak istana tapi kaku dan monoton. tidak ada keramahan atau kehangatan di dalam nya. itu nampak jelas begitu suami Astuti datang. dia jadi berubah, penurut dan patuh. Pandangan Retno sdh tahu bahwa Dono bukan orang yg hangat tp sdh biasa memerintah dan harus dipatuhi. bantahan dan penolakan tidak dalam kamus nya. bentuk perhatiannya de [...]

  • Palinda

    Sebenernya udah lama bikin riviewnya setelah saya dapet dan baca buku yang edisi lama tapi saya simpen aja di notes. Saya lebih suka sama edisi revisi terbitan GPU daripada penerbit yang dulu, Sanjaya. Konflik dan inti ceritanya sama tapi lebih menggigit. Tapi saya tetap menyukai terbitan Sanjaya karena terkesan klasik dan bersettingkan tahun 80an (menurut saya sih tahun 80an soalnya novel ini pertama kali terbit pada tahun 1982), tentu dengan gaya penulisan pada masa itu yang menurut saya diksi [...]

  • Yulia Anggraini

    satu lagi wanita MAS yg sok pintar n sok benar sok idealisemg c yg dkatakanx itu benar adax crax menyampaikan pendapat srasa mengguruijd x agak menyebalkan.o bisa menasehati yanti untuk sabar, berkompromi n mengikuti arus dalam menjalani pernikahanx dgn mas yoyok giliran dy cm tahan 3 bulanwkwkwkraaahyanti nurut aj ap yg dkatakn n dperintahkan suamixklo retno tnpa alasan yg jelas dy selalu melawan n membantah perkataan suami hnya untuk melihatkan klo dy tidak sm dgn yanti yg hnya bsa nurutg ad t [...]

  • Lina Maria

    cerita yang menarik, selain karena saya memang suka novel-novel karangan Bu Maria A. Sardjono. Retno, seorang wanita Yogya, terjebak dalam pernikahan dengan Yoyok, suami dari Alm sahabatnya. Semua berawal dari surat wasiat Yanti yang meminta Retno menikah dengan Yoyok. ^^

  • Seffi Soffi

    3,5 bintang.cerita nya bagus, mengalir. Meskipun narasi banyak gak bikin bosen! Apalagi Mas Yoyok gemesin yah Kadang di kalimat akhir, saya selalu mengumpat : kenapaaaa sih udh abis lagiii!!

  • Asuka Mai

    Suka sama alur cerita dan konflik nya :) cuma aku prihatin sama nasib yanti yang ga pernah ngerasain kebahagiaan

  • ✿❤~m49913~❤✿

    Ceritanya agak tipikal HarlequinTernyata nama lgkp Mas Yoyok bgs jg. Hardoyo Irawan. Wuih Gk jelek kok.

  • Evy Okta

    Karangan yang bagus

  • Astrid Pakilaran

    Dari beberapa karya Oma Maria yg sdh saya baca, baru judul ini yg akhir ceritanya nda digantung sukaaaaa

  • RizkaFelyna

    Lumayan juga hot scene nya :D besides ceritanya juga mantep